Cara Mudah Bayar dan Lapor PPh 23 Online Menggunakan Aplikasi

Pemotongan Pajak Penghasilan Pasal 23 menjadi kewajiban yang harus dipenuhi oleh kebanyakan pengusaha. Sudahkah Anda bayar dan lapor PPh 23 online dengan aplikasi? Jatuh temponya adalah tanggal 10 jadi Anda tidak boleh terlambat membayarnya.

Untungnya kini bayar dan lapor PPh 23 online 2020 dengan aplikasi sudah bisa dilakukan. Anda tidak perlu lagi pergi ke kantor pajak untuk melapor dan melakukan pembayaran. Prosesnya dimulai dari pembuatan ID billing baru kemudian melakukan pembayarannya.

Tempat pembayaran bisa dilakukan di Bank Persepsi seperti teller bank, ATM atau fitur pembayaran pajak yang lainnya. Setelah itu barulah Anda mendapatkan bukti potong. Langkah lengkapnya yang perlu Anda ikuti untuk melakukan pembayaran secara online bisa disimak di sini.

Langkah Mudah Lapor PPh 23 Online dengan Aplikasi

Mulai tahun 2020 kemarin Direktorat Jenderal Pajak (DJP) menciptakan perubahan dengan melibatkan teknologi soal bukti potong PPH 23 atau 26. Bukti potong sendiri sangatlah penting bagi wajib pajak yang rutin membayarkan pajak penghasilan per bulannya.

Tujuannya adalah untuk menjelaskan bahwa penghasilan yang didapatkan sudah dipotong dan berfungsi sebagai formulir sah untuk pelaporan Surat Pemberitahuan (SPT) Tahunan. 

Cara untuk mendapatkan bukti potong adalah dengan melakukan pembayaran sesuai dengan batas lapor PPh 23 yang sudah ditetapkan. Hadirnya berbagai macam aplikasi e-bupot pun sangat membantu Anda dalam melakukan pembayaran serta pelaporan.

Apabila ingin menggunakan aplikasi tentu Anda harus tahu langkah-langkahnya karena sedikit berbeda jika dilakukan langsung dengan kantor pajak. Berikut ini beberapa langkah cara bayar dan lapor PPh 23 online yang bisa diikuti.

  1. Pilih aplikasi e-bupot

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memilih aplikasi e-bupot. Anda bisa mengunjungi halaman web secara langsung. Setiap aplikasi e-bupot sudah dilengkapi berbagai macam fitur yang akan membantu Anda dalam memenuhi kewajiban membayar pajak.

Contohnya seperti pelaporan SPT Masa PPh 23/26, mengedit bukti pemotongan, membuat bukti pemotongan, pembetulan bukti pemotongan atau pembatalan bukti pemotongan. Pemerintah sendiri sudah membuat e-bupot resi DJP yang bisa digunakan.

  1. Mempersiapkan SPT

Selanjutnya adalah dengan mempersiapkan SPT masa PPh 23 dan mempostingnya pada aplikasi. Pertama masuk pada halaman daftar SPT kemudian pilih posting. Anda akan diarahkan langsung untuk mengisi masa atau tahun pajak.

Setelah itu akan muncul pembetulan yang harus diinput yang statusnya belum dilengkapi. Artinya Anda harus memasukan bukti pembayaran yang belum lengkap untuk diinput terlebih dahulu agar nanti siap untuk dilaporkan.

Anda bisa melihat terlebih dahulu mengenai rincian SPT untuk mengetahui apakah semua ringkasan mengenai bukti potong sudah lengkap. Caranya masuk pada halaman daftar SPT tadi dan pilih menu Masa/ tahun pajak. Jika sudah lengkap baru ke proses selanjutnya.

  1. Memasukan bukti setoran

Usai membayar di Bank Persepsi Anda akan mendapatkan bukti pembayaran. Bukti ini nantinya harus diinput pada aplikasi untuk lapor PPH 23 online. Caranya pilih menu Tagihan dan Setoran kemudian masukan jenis bukti lengkap dengan nomornya.

Pilih validasi untuk memvalidasi nomor bukti setor. Anda hanya perlu menunggu agar validasi berhasil dilakukan pihak DJP dan muncul tanda centang. Tagihan yang muncul pun otomatis akan berkurang sesuai dengan bukti setoran yang telah divalidasi.

  1. Melaporkan SPT

Apabila proses input bukti setoran serta tagihan berkurang Anda tinggal melaporkan SPT untuk mendapatkan sertifikat elektronik PPh 23. Caranya adalah dengan klik menu Siap lapor yang akan muncul ketika Anda validasi bukti setoran berhasil dilakukan.

Setelah klik menu tersebut maka status Anda akan menjadi Berhasil dan hanya perlu menunggu Bukti penerimaan Elektronik atau BPE sebagai nomor bukti pelaporan.

  1. Mengunduh BPE

Langkah terakhir dari lapor PPH 23 online adalah dengan menguntuh PDF BPE yang akan muncul usai pelaporan. Halaman ini wajib diunduh sebagai bukti bahwa Anda sudah membayar dan melapor.

Caranya adalah dengan membuka daftar SPT dan pilih menu BPE yang baru saja muncul. Anda bisa klik download untuk mengunduhnya. File akan langsung tersimpan di komputer Anda.

Cukup dengan lima langkah Anda sudah berhasil bayar dan lapor PPH 23 online. Tak perlu lagi mengantri untuk mendapatkan bukti potong di kantor pajak.

tips dan trik